Buku : Sempurna Dalam Keterbatasan

IDR 20.000
Stock : Unlimited
Qty :

Description

Mencermati nilai-nilai kebebasan dalam maraknya isu-isu HAM, agar umat memiliki pemahaman yang benar dan tidak kebablasan.

Gegap gempita diskusi tentang HAM, sudah merambah keberbagai ranah kehidupan. Mulai dari isu sosial politik, hingga agama, dari lingkup lokal hingga mendunia, HAM selalu berhasil menjadi diskusi yang menarik. Prodan kontra dalam memahami esenssi HAM tak pernah berakhir pada satu kata, selalu ada jarak yang tersisa. Apalagi jika terlibat dalam "isu panas" antara budayawan dan agamawan, maka kesimpulan semakin sulit dicapai. Dari perspektif budaya, membongkar aib orang suci adalah sah,jika itu mernariq fakta. Orang berhak untuk mendapatkan gambaran yang benar, ini argument para budayawan. Sementara agamawan merasa itu adalah pelecehan, dan sangat tendensius, merusak kesucian orang suci. Belum lagi konstelasi kebebasan seksual, dimana para h omo s eksu al menilai putusan mereka adalah kebebasan mereka, dan menganggap homoseksual adalah . pilihan hidup.

Sementara bagi agamawan sudah jelas, harga mati, homoseksual adalah dosa. Belum lagi paham gender yang bisa dianggap memasung hak-hak gender, khususnya wanita yang selalu merasa dipinggirkan. Tapi yang pasti, dalam perjalanannya kebebasan semakin membesar pengaruhnya, menambah panjang pengikutnya, dan tampil menjadi dewa baru dengan jutaan pemuja. Semakin hari, isu kebebasan akan semakin menggilas, dan HAM hanyalah salah satu produknya. HAM yang bisa benar, tapi juga bisa salah, memerlukan koridor yang jelas agak tak terjerembab. Tapi disisi lain, koridor yang dibangun juga tak boleh memasung HAM yang benar dan sesuai dengan harkat kemanusiaan. Karena itu, semakin kedepan, semakin diperlukan analisa yang benar, elegan dan bermartabat. lni juga pasti akan meninggalkan ruang debat, benar menurut siapa? Maka kebenaran apapun yang diajukan perlu pengujian yang tuntas.

Buku ini, tak bermaksud menyelesaikan setiap ranah perdebatan yang ada, dan bisa bertambah. Namun lewat buku ini, sebagai penulis berusaha untuk memaparkan kebenaran mendasar dalam merespon isu yang muncul. Dasar-dasar pemikiran atas berbagai keniscayaan yang harus diperhatikan sebagai ciptaan yang terbatas, yang harus berani membatasi diri demi hakekatnya sebagai ciptaan, maka penulis mengungkapnya kepermukaan. Memandang dari perspektif Kristiani sebagai keyakinan iman penulis, tulisan ini mempertemukan pemahaman-pemahaman yang telah dan akan terus berbenturan. Penulis tak hendak mendamaikannya, karena memang itu tak mungkin, tapi mendemonstrasikan kebenaran yang asasi, yang menempel pada hakekat kemanusiaan sebagai ciptaan.

Penulis berharap, ini bisa menjadi sumbangsih penting bagi umat manusia dalam menikmati kesempurnaannya diketerbatasannya. Mari menjelajah keterbatasan kita yang menyenangkan, karena disana kita merasa sangat manusia. Terhindar dari perangkap kebebasan yang ternyata memenjarakan. Kiranya butir-butir pemikiran ini boleh menjadi mutiara bagi para pembacanya. Kumpulan isu-isu kontekstual yang sarat filsafat, namun dihadirkan dalam bahasa yang popular. Selamat menjelajah kemungkinan-kemungkinan yang memang tak terhindarkan untuk dipikirkan.

Updated : 7 Jun 2017 - 16:58 | View : 97
Tags : Sempurna

Others

jQuery Slider
Top